Kisah Mahasiswa Non Muslim 5 Tahun Kuliah Pakai Jilbab Hingga Sandang Gelar Dokter

Ni Made

Keberagaman antar umat beragama yang ditunjukkan Ayu Masnathasari, lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Sulawesi Selatan, viral di media sosial.

Diketahui dirinya beragama Hindu, yang membuat salut ia sudah 5 tahun 8 bulan mengenakan hijab saat berkuliah.

Hal tersebut dilakukan karena untuk mengikuti aturan yang sudah berlaku di kampus UMI.

Perempuan kelahiran Kabupaten Takalar, Sulsel ini punya kampung halaman di Tabanan, Bali. Orang tuanya merantau ke Takalar dan ayahnya menjadi guru olahraga SMP.

Dekan Fakultas Teknologi Industri UMI, Zakir Sabara HW, mewawancarai Ayu usai melakukan sumpah dan Pengucapan Janji Kedokteran pada Kamis, 17 September.

Video wawancara Zakir yang diunggah dalam akun instagram pribadinya @zakirsabara_h.wata dengan Ayu ini kemudian viral.

Dalama video wawancara tersebut dinyatakan ayu, saat program pencerahan kalbu dirinya dapat izin menginap sebulan penuh di Pura.

Sedangkan yang lain mengikuti program ini di pesantren Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep).

“Kalau Ayu saat pembukaan di pesantren ikut setelah itu dia di Pura,” sambungnya.

Zakir menegaskan kampus UMI sangat menghargai keberagaman. Ada sejumlah mahasiswa non muslim yang berkuliah di UMI Makassar.

“Kami dari dulu di UMI secara keseluruhan sangat menghargai agama lain. Contohnya di Fakultas TI setiap tahun ada nonmuslim. Kalau di Fakultas Kedokteran ada Ayu,” tuturnya.

Sementara itu dalam video wawancara Zakir, Ayu mengaku awalnya tidak mudah beradaptasi. Ayu kerap was-was karena harus menghadapi tantangan baru saat berkuliah.

“Terbiasa saja (memakai hijab). Orientasi dapat dispensasi ke Pura sendiri, selama sebulan di Pura. Ke depannya tidak ada masalah untuk saling memahami walau kita berbeda tapi ada celah untuk bersama,” tutur Ayu.***

Leave us a Comment