Apa itu Pitiriasis versikolor?

📢📢[Sharing Knowledge]📖🔎


Tahukah anda ?

Pitiriasis versikolor atau dikenal dengan panu dapat disebabkan oleh flora normal pada kulit yang dapat berubah menjadi bentuk pathogen dalam kondisi tertentu. Flora normal yang dimaksut adalah malassezia furfur. Pitriasis versikolor dapat terjadi jika keadaan antara host dan flora jamur tak seimbang. Terdapat beberapa faktor yaitu faktor endogen dan eksogen, faktor endogen antara lain produksi kelenjar sebasea dan keringat, genetic, malnutrisi, faktor immunologi dan pemakaian obat-obatan, sedangkan faktor eksogen adalah suhu dan kelembaban kulit. Pada orang dengan produksi keringat yang berlebih juga memiliki kecenderungan u tuk terjadi pertumbuhan jamur ini, stratum korneum akan melunak pada keadaan basah dan lembab sehingga mudah dimasuki jamur.


Malassezia dapat memetabolisme berbagai asam lemak, seperti asam arakidonat atau asam vaksenik dan asam azelaic yang dilepaskan sebagai salah satu metabolitnya, asam ini bekerja menghambat enzim dopatirosinese yang menghalangi perubahan tirosin menjadi melanin sehingga mengakibatkan muncul macula hipokromik.


📚🔎Source :
– Brooks. Geo F. And Janet butel and Stephen morse. Jawetz, melnick & adelbergs medical microbiology 23rd edition. United states of America: the McGraw-Hill companies, 2009
– Rai MK, Wankhades s. tinea versicolor – an epidemiology. J microbial biochem technol. 2009

Blog Attachment

Leave us a Comment