Taenia saginata si cacing pita

📢📢[Sharing Knowledge]📖🔎


Tahukah anda?

Taenia saginata merupakan cacing pita termasuk subkelas Cestoda, kelas Cestoidea, dan filum Platyhelminthes. Hospes definitif Taenia saginata ialah manusia, manakala hospes perantaranya ialah hewan dari famili Bovidae seperti sapi dan kerbau.

Sumber penularan taeniasis saginata dapat melalui penderita taeniasis sendiri dimana tinjanya mengandung telur atau proglotid cacing pita. Hewan ternak terutamanya sapi yang mengandung larva cacing pita ( Cysticercus bovis) juga dapat menjadi sumber penularan. Seseorang bisa terkena infeksi cacing pita melalui makanan, yaitu memakan daging sapi yang mengandung larva.

Pencegahan dari taeniasis dapat dilakukan dengan cara mendinginkan daging dalam suhu -10 derajat celcius selama lima hari dan memasak daging sehingga matang dengan suhu di atas 62,8 derajat celcius. Selain itu, pemeriksaan daging sapi yang ketat, pendidikan kesehatan, kebersihan, dan instalasi sanitasi yang luas harus dijalankan.

📚🔎Source :
W. Damayanti, dkk. 2018. Bagaimana Gambaran Telur Taenia sp Pada Feses Pekerja, Feses Babi dan Tanah Sekitar Peternakan Babi. Universitas Muhamadiyah Semarang

Blog Attachment

Leave us a Comment