Mengenal lensa dan corpus ciliare

📢📢[Sharing Knowledge]📖🔎


Tahukah anda ?

Derajat kelengkungan lensa diatur oleh otot-otot di badan siliar (Corpus Ciliare) yang sirkular. Corpus Ciliare yang terletak diantara Ora Serrata dan akar Iris terdiri dari sebuah bagian mendatar (Pars Plana) dan sebuah bagian yang sangat berkerut (Pars Plicata).

Di Pars plicata ditemukan sekitar 70-80 juluran radial (Proc. Ciliares), yang dari dorsal terlihat seperti mahkota cahaya di seputar lensa. Proc. Ciliares mengandung pembuluh kapiler berlumen lebar; epitelnya menyekresi Aqueous humor. Serabut-serabut Zonula yang sangat halus (Fibrae Zonulares) berjalan dari Lamina Basalis [Proc. Ciliares ke ekuator lensa dan Bersama dengan ruangan-ruangan di antaranya membentuk struktur penggantung lensa (Zonula ciliaris)].

M. Ciliaris yang terdiri dari otot polos dengan orientasi serabut yang meridian radial dan sirkular membentuk bagian terbesar Corpus Ciliare. Sebagian besar otot ini memiliki origo pada taji sklera (cincin penguat sklera yang berada langsung di bawah kanal Schlemm) dan berjalan antara lain ke permukaan dalam sklera. Pada saat berkontraksi, M.Ciliaris menarik Choroidea ke depan dan melonggarkan Fibrae Zonulares. Dengan demikian, berkat elastisitasnya, lensa akan mengambil bentuk longgar yang lebih cembung, yang diperlukan untuk melihat dekat. Mekanisme ini merupakan proses dasar akomodasi mata.

📚🔎Source :
Schünke, Michael. Prometheus LernAtlas der Anatomie. Jakarta: EGC, 2016. pg 158.

Blog Attachment

Leave us a Comment