Mengenal Label Obat

Dalam ilmu kedokteran khususnya bagian farmakologi, kita mengenal berbagai jenis label obat. Gunanya untuk membedakan dan menginformasikan masyarakat dan dokter untuk peringatan pemberian obat

📢📢[Sharing Knowledge]📖🔎

LABEL OBAT
Tahukah Anda?

Ternyata label warna yang biasa kita lihat pada kemasan obat yang beli di apotek memiliki arti loh! Yuk simak sambi geser slide yah.

• Obat Bebas
obat yang dapat dibeli secara bebas, dan tidak membahayakan bagi si pemakai.
Contoh : Paracetamol

• Obat Bebas Terbatas
obat keras yang dapat diserahkan tanpa resep dokter dengan penyerahan dalam bungkus aslinya dan diberi tanda peringatan.
Contoh : CTM, Antimo

• Obat keras/Psikotropika
mempunyai takaran maksimum atau yang tercantum dalam daftar obat keras.
Contoh: Lisergid Acid Diathylamine (LSD), psilosibina, metilen dioksi metamfetamin, amfetamin, diazepam, fenobarbital, klorpromazin, lorasepam, klordiazepoksid

• Obat Narkotika
obat yang diperlukan dalam bidang pengobatan dan ilmu pengetahuan dan dapat pula menimbulkan ketergantungan yang sangat merugikan apabila dipergunakan tanpa pembatasan dan pengawasan.
Contoh: Tanaman Papaver somniferum (opium), Erythroxylon coca, dan tanaman Cannabis sativa (ganja), heroin, kokain, morfin, petidin, kodein, doveri, kodipron

• Jamu
Ramuan dari, bahan hewan, bahan mineral, sediaan galenik atau campuran bahan tersebut yang secara turun temurun telah digunakan untuk pengobatan berdasarkan pengalaman.

• Obat Herbal Terstandar (OHT)
Obat herbal tersetandar adalah sediaan obat bahan alam yang telah dibuktikan keamanan dan khasiatnya secara ilmiah dengan uji praklinis, dan bahan bakunya telah terstandarisasi.

• Fitofarm
Sediaan obat bahan alam yang telah dibuktikan keamanan dan khasiatnya secara ilmiah dengan uji praklinis dengan hewan Universitas Sumatera Utara percobaan dan telah melalui uji klinis pada manusia serta bahan baku produknya telah distandarisasi.

📚🔎Source :
http://bppsdmk.kemkes.go.id/pusdiksdmk/wp-content/uploads/2017/11/FARMAKOLOGI-RMIK_FINAL_SC_26_10_2017.pdf

Blog Attachment

Leave us a Comment