BERSEPEDA DI MASA PANDEMI

WhatsApp Image 2020-12-19 at 22.24.23

Apa, sih, manfaat olahraga sepeda?
Bersepeda merupakan aktivitas aerobik. Artinya adalah jantung, pembuluh darah, sampai paru-paru Anda ikut berolahraga. Dengan bersepeda, kedalaman napas dan suhu tubuh Anda pun meningkat. Anda juga akan berkeringat lebih banyak. Hal ini membuat tubuh Anda menjadi bugar dan sehat secara keseluruhan.

Amankah bersepeda di masa wabah Covid-19 ini?
Pada dasarnya, bersepeda di masa pandemi ini aman. Asalkan, Anda harus tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku. Misalnya, menggunakan masker kain selama berolahraga. Bersepeda memang olahraga yang menyenangkan. Tapi ingat, ini masih pandemi. Artinya tetap dibutuhkan tanggung jawab dalam pelaksanaan protokol kesehatan. Jangan sampai yang niatnya untuk meningkatkan sistem imun malah menjadi sumber penularan Covid-19.

Para ahli menyarankan pula untuk bersepeda dengan intensitas ringan. Kenapa begitu? Karena pemakaian masker dan olahraga yang dilakukan dengan intensitas berat dapat mengurangi jumlah oksigen yang masuk ke paru-paru. Jika terus berlanjut, Anda bisa mengalami hipoksia—yaitu kondisi di mana jaringan tubuh kekurangan oksigen.

Hipoksia dapat pula memperlambat kerja jantung dan menyempitkan saluran pernapasan. Inilah yang menyebabkan adanya kasus kematian mendadak saat olahraga.

Lalu, bagaimana caranya kita mengetahui kalau intensitas tersebut ringan atau berat? Bila napas Anda sudah tersengal-sengal atau Anda tidak bisa berbicara dengan jelas, turunkanlah intensitas olahraga.

Leave us a Comment