Fakultas Kedokteran UNIZAR Mataram Benchmarking di FK UMI Makassar

Universtas Mataram

Sebanyak 14 orang dari Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar (UNIZAR) Mataram menghadiri Benchmarking di Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muslim Indonesia (UMI), Rabu (23/12/2020).

Tim UNIZAR yang dipimpin Wakil Dekan (WD) I dan WD II diterima langsung oleh Dekan FK UMI, Prof dr Syarifuddin Wahid SpPA(K) SpF PhD didampingi WD I, WD II dan WD III serta TIK Prodi Sarjana Kedokteran dan Prodi Profesi Dokter.

Benchmarking dilaksanakan untuk menjalin dan memupuk silaturahmi yang telah berjalan antara FK UNIZAR dan FK UMI yang sama-sama dijiwai dan dilandasi oleh prinsip dan nilai-nilai islam.

Terdapat lima poin yang menjadi diskusi antara FK UNIZAR dan FK UMI. Pertama, terkait pengembangan dan inovasi kurikulum di FK UMI baik Prodi Sarjana Kedokteran maupun Prodi Profesi Dokter. Yakni bagaimana kegiatan siklus kepaniteraan klinik mahasiswa program profesi, model pembelajarannya, dan rotasinya yang diatur oleh Komkordik Rumah Sakit Pendidikan Utama di Rumah Sakit Ibnu Sina.

Adapun hal utama yang disoroti dalam kurikulum adalah bagaimana regulasi nasional dan visi misi kekhususan dari FK UMI bisa di breakdown dalam kurikulum baik tahap akademik maupun tahap profesi.

Kedua, bagaimana pengembangan SDM terutama dosen dari hal pendidikan, penelitiaan, dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam perguruan tinggi termasuk juga pengurusan untuk pangkat akademik dan sertifikasi dosen.

Ketiga, bagaimana pengembangan sarana-prasarana pendidikan di Program Studi baik Sarjana Kedokteran maupun Profesi Dokter serta Rumah Sakit Pendidikan.

Keempat, terkait kegiatan kemahasiswaan.

Kelima, kegiatan khusus dalam rangka pengembangan kampus islami dan peningkatan kompetensi kedokteran islam di FK UMI untuk dapat diadopsi di FK UNIZAR.

Kegiatan Benchmarking dilatar belakangi kesamaan FK UNIZAR dan FK UMI yang tergabung dalam Forum Kedokteran Islam (FOKI), Majelis Fakultas Kedokteran Swasta Indonesia (MFKSI) dan tergabung dalam semangat AIPKI.

Disisi lain, bahwa FK UNIZAR saat ini masih berakreditasi B sehingga mereka ingin belajar dan ingin mencapai akreditasi maksimal LAM-PTKes seperti FK UMI dengan akreditasi A baik untuk sarjana kedokteran maupun profesi dokter.

Leave us a Comment