Apa itu trakea?

📢📢[Sharing Knowledge]📖🔎

Tahukah Anda?

Dinding trakea terdiri dari mukosa, submukosa, tulang rawan hialin, dan adventisia. Trakea dijaga tetap terbuka oleh cincin tulang rawan hialin bentuk-C. Tulang rawan hialin dikelilingi oleh jaringan ikat padat perikondrium, yang menyatu dengan submukosa di satu sisi dan adventisia di sisi yang lain. Banyak saraf pembuluh darah, dan jaringan adiposa terletak di adventisia.


Celah di antara ujung posterior tulang rawan hialin terisi oleh otot polos trakealis. Otot trakealis terletak di jaringan ikat jauh di dalam membrana elastika mukosa. Sebagian besar serat otot trakealis berinsersi di perikondrium yang melapisi tulang rawan hialin. Lumen trakea dilapisi oleh epitel bertingkat semu silindris bersilia dengan sel goblet.

Lamina propria di bawahnya mengandung serat jaringan ikat halus, jaringan limfoid difus, dan kadangkala nodulus limfoid soliter. Jauh di dalam lamina propria terdapat membrana elastika longitudinalis yang dibentuk oleh serat elastik. Membrana elastika memisahkan lamina propria dari submukosa , yang mengandung jaringan ikat longgar mirip dengan yang terdapat di laminapropria . Di submukosa ditemukan keleniar trakealis seromukosa tubuloasinar yang duktus ekskretoriusnya berjalan menembus lamina propria ke lumen trakea.


Mukosa menunjukkan lipatan mukosa di sepanjang dinding posterior trakea tempat tulang rawan hialin tidak ada. Kelenjar trakealis seromukosa yang terdapat di submukosa dapat meluas dan terlihat di adventisia

📚🔎Source :
Eroschenko, Victor.P.2010. Atlas Histologi DIFIORE dengan Korelasi Fungsional. Penerbit Buku Kedokteran: EGC halaman354

Blog Attachment

Leave us a Comment