Pentingnya mengetahui dosis obat

📢📢[Sharing Knowledge]📖🔎

Tahukah Anda?

Dosis obat merupakan takaran jumlah obat yang dapat menghasilkan efek terapi pada fungsi tubuh yang terkena gangguan. Dosis dapat dikelompokkan ke berbagai jenis berdasarkan fungsinya:


1)    Dosis awal/Loading Dose, yaitu dosis awal yang dibutuhkan guna tercapainya konsentrasi obat yang diinginkan di dalam darah dan kemudian untuk selanjutnya dengan dosis perawatan.


2)    Dosis pencegahan, yaitu jumlah yang dibutuhkan untuk melindungi agar pasien tidak terkena penyakit.


3)    Dosis terapi yaitu dosis obat yang digunakan untuk terapi jika pasien sudah terkena penyakit.


4)    Dosis lazim, yaitu dosis yang secara umum digunakan untuk terapi.


5)    Dosis maksimal, yaitu dosis obat maksimal yang dapat digunakan untuk pengobatan penyakit, yang bila dosis maksimal dilampaui akan menimbulkan efek yang tidak diinginkan.


6)    Dosis letaal yaitu dosis yang melebihi dosis terapi dan mengakibatkan efek yang tidak diinginkan yang pada akhirnya dapat menyebabkan kematian.

Dosis obat haruslah tepat dengan tingkat keparahan serta kondisi pasien, jika dosis berlebihan efek yang ditimbulkan obat akan berubah menjadi efek toksik, sedangkan jika dosis terlalu kecil, obat tidak akan efektif. Oleh karena itu, perhitungan dosis harus didasari dengan pertimbangan usia, berat badan, dan lain-lain.

📚🔎Source :
Nuryati.2017. Bahan Ajar dan Informasi Kesehatan (RMIK) Farmakologi. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Blog Attachment

Leave us a Comment