KARBOHIDRAT

📢📢[Sharing Knowledge]📖🔎

Tahukah Anda?

Karbohidrat tersebar luas dalam tumbuhan dan hewan; senyawa ini memiliki peran struktural dan metabolik yang penting. Pada tumbuhan, glukosa disintesis dari karbon dioksida dan air melalui fotosintesis dan disimpan sebagai pati (kanji, starch) atau digunakan untuk menyintesis selulosa dinding sel tumbuhan. Hewan dapat menyintesis karbohidrat dari asam amino, tetapi Sebagian besar karbohidrat hewan terutama berasal dari tumbuhan.

Glukosa adalah karbohidrat terpenting; kebanyakan karbohidrat dalam makanan diserap ke dalam aliran darah sebagai glukosa yang dibentuk melalui hidrolisis pati dan disakarida dalam makanan, dan gula lain diubah menjadi glukosa di hati. Glukosa adalah bahan bakar metabolic utama pada mamalia (kecuali pemamah biak) dan bahan bakar universal bagi janin. Glukosa adalah prekursor untuk sintesis semua karbohidrat lain di tubuh, termasuk glikogen untuk penyimpanan; ribosa dan deoksiribosa dalam asam nukleat; galaktosa untuk sintesis laktosa dalam susu, dalam glikolipid, dan sebagai kombinasi dengan protein dalam glikoprotein dan proteoglikan.
Karbohidrat diklasifikasikan sebagai berikut :
1. Monosakarida
2. Disakarida
3. Oligosakarida
4. Polisakarida

📚🔎Source :
Bender, David A. Mayes Peter A. 2017. “Karbohidrat yang Penting Secara Fisiologis” dalam Biokimia Harper Edisi 30 (hlm. 152-153). Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Blog Attachment

Leave us a Comment